PROGRAM STUDI S1 FARMASI
STIFAR “YAYASAN PHARMASI” SEMARANG
RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)
Kode MK :
40CKB5010
Nama MK : Isolasi
dan Standardisasi Bahan Alam
SKS : 2
sks
A. PERENCANAAN
PEMBELAJARAN
1. Deskripsi
singkat matakuliah
Matakuliah ini
berisi pokok-pokok bahasan ruang lingkup isolasi, prinsip-prinsip pemisahan
meliputi ekstraksi, fraksinasi, dan pemurnian untuk senyawa bahan alam. Metode
kromatografi meliputi: kromatografi kolom, kromatografi kertas, kromatografi
lapis tipis, kromatografi gas, dan KCKT
untuk pemisahan, identifikasi dan penetapan kadar, ruang lingkup standardisasi
meliputi kontrol kualitas dalam proses, penerapan standardisasi bahan baku,
ekstrak, dan produk.
2. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
memepelajari matakuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui bagaimana
mengisolasi senyawa-senyawa dari bahan alam, dan ruang lingkup standardisasi
meliputi kontrol kualitas dalam proses, penerapan standardisasi bahan baku , ekstrak, dan
produk.
3. Tujuan
Pembelajaran Khusus
Setelah mengikuti matakuliah ini
mahasiswa diharapkan mampu:
a.
menjelaskan pokok-pokok ruang lingkup isolasi,
prinsip-prinsip pemisahan (ekstraksi, fraksinasi, dan pemurnian)
b.
menjelaskan metode-metode kromatografi (kromatografi
kolom, KKt, KLT, GC, KCKT)
c.
menjelaskan standardisasi bahan (meliputi kontrol
kualitas dalam proses, penerapan standardisasi bahan baku , ekstrak, dan produk).
B. PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
1. Jadwal
Kegiatan Mingguan
Pertemuan
|
Topik
|
Substansi
|
Metode
|
Fasilitas
|
Minggu ke-1
|
Pendahuluan: Dasar
metode pemisahan standar
|
a.
Definisi metode pemisahan
b.
Dasar metode pemisahan standar
|
Ceramah, tanya
jawab
|
LCD, Laptop
|
Minggu ke-2
|
Jenis metode
pemisahan dan penerapannya
|
a.
Jenis metode pemisahan
b.
Penerapan metode pemisahan pada bahan alam.
|
Ceramah, tanya
jawab
|
LCD, Laptop
|
Minggu ke-3
|
Ekstraksi
|
a.
Definisi ekstraksi
b.
Tahapan ekstraksi
c.
Pemilihan cairan penyari
d.
Diskusi
|
Ceramah, tanya
jawab
|
LCD, Laptop
|
Minggu ke-4
|
Macam metode
ekstraksi
|
a.
Macam-macam metode ekstraksi
b.
Pemilihan metode ekstraksi sesuai sifat senyawa aktif
dalam bahan alam
|
Ceramah, tanya
jawab
|
LCD, Laptop
|
Minggu ke-5
|
Pemekatan hasil
ekstraksi dan faktor biologi-kimia yang berpengaruh pada mutu ekstrak
|
a.
Prosedur pemekatan hasil ekstraksi
b.
Faktor biologi-kimia yang berpengaruh pada mutu
ekstrak
|
Ceramah, tanya
jawab
|
LCD, Laptop
|
Minggu ke-6
|
Kromatografi
|
a.
Definisi kromatografi
b.
Prinsip umum kromatografi
c.
Kromatografi kertas
d.
Kromatografi lapis tipis
|
Ceramah, tanya
jawab
|
LCD, Laptop
|
Minggu ke-7
|
Kromatografi
|
a.
Kromatografi kolom,
b.
Spektrofotometer-TLC Scanner
c.
Kromatografi gas
|
Ceramah, tanya
jawab
|
LCD, Laptop
|
Minggu ke-8
|
Kromatografi Cair
Kinerja Tinggi (KCKT)
|
a.
Instrumen
KCKT
b.
Cara
analisis kualitatif dan kuantitatif
c.
Prinsip
Kerja KCKT
d.
Uji kesesuaian sistem
|
Ceramah, tanya
jawab
|
LCD, Laptop
|
Minggu ke-9
|
Metode isolasi
senyawa aktif
|
a.
Metode
isolasi secara fisika
b.
Metode
isolasi secara kimia
|
Ceramah, tanya
jawab
|
LCD, Laptop
|
Minggu ke-10
|
Isolasi senyawa aktif
|
a. Isolasi
berdasarkan jenis kandungan senyawa aktif (senyawa aromatik, lipid, minyak atsiri, terpenoid dan steroid)
|
Ceramah, tanya
jawab
|
LCD, Laptop
|
Minggu ke-11
|
Isolasi senyawa aktif
|
a.
Isolasi berdasarkan jenis kandungan senyawa aktif (senyawa flavonoid, alkaloid, asam
amino, dan protein)
|
Ceramah, tanya
jawab
|
LCD, Laptop
|
Minggu ke-12
|
Standardisasi
|
a.
Definisi standardisasi ekstrak bahan alam
b.
Tujuan standardisasi ekstrak bahan alam
|
Ceramah, tanya
jawab
|
LCD, Laptop
|
Minggu ke-13
|
Standardisasi
|
a.
Parameter spesifik standardisasi ekstrak bahan alam
b.
Parameter non spesifik standardisasi ekstrak bahan alam
|
Ceramah, tanya
jawab
|
LCD, Laptop
|
Minggu ke-14
|
Diskusi
|
Diskusi kelompok
|
Tanya jawab
|
LCD, Laptop
|
2. Metode
Pembelajaran dan Bentuk Kegiatan
C. PERENCANAAN
EVALUASI PEMBELAJARAN
1. Hasil
Pembelajaran
Hasil
pembelajaran dapat diukur dari: pemahaman mahasiswa tentang mata kuliah isolasi
dan strandardisasi bahan alam melalui tugas, kuis, ujian tengah semester, ujian
akhir semester, serta soft skill.
2. Penilaian
Aspek penilaian
|
Unsur penilaian
|
Presentase
|
Pemahaman
|
Tugas mandiri
|
20
|
Ujian Tengah Semester
|
35
|
|
Ujian Akhir Semester
|
35
|
|
Soft Skill
|
Kreativitas dalam diskusi, Membuat resume, kedisiplinan,
pengumpulan tugas, presentasi, partisipasi di kelas, dsb
|
10
|
Jumlah
|
100
|
D. DAFTAR
PUSTAKA
1.
Depkes RI,
1979. Farmakope Indonesia .
Edisi III. Jakarta :
Departemen Kesehatan Republik Indonesia .
2.
,1995. Farmakope Indonesia .
Edisi IV. Jakarta :
Departemen Kesehatan Republik Indonesia .
3.
Day, Jr. R. A. And A. L. Underwood 1998. Analisis Kimia Kuantitatif. Edisi 6,
diterjemahkan oleh Aloysius Hadyana Pudjaatmaja. Jakarta : Penerbit Erlangga.
4.
Ganjar, Ibnu Gholib. 1989. Analis Instrumental. Yogyakarta : Gajah Mada
University Press
5.
Gritter, R. J. 1991. Introduction to Chromatography. Edisi II, diterjemahkan oleh
Padmawinata. Bandung :
Penerbit ITB.
6.
Khopkar, S. M. 1990. Basic Concepts of Analytical
Chemistry, diterjemahkan Saptoraharjo. Jakarta : UI Press
7.
Mulja, Muhamad. 1995. Analisis Instrumental. Surabaya :
Airlangga University Press.
8.
Rohman, Abdul. 2007. Kimia Farmasi Analisis. Yogyakarta :
Pustaka Pelajar.
9.
Sarker, Satyajit D., Zahid Latif, Alexander I. Gray.
2005. Natural Product Isolation. Tototwa:
Humana Press.
10. Scrimer,
R.E., 1982. Modern Methods of Pharmaceutical Analysis. Vol. I. USA: CRC Press.
Inc. Florida USA .
11. Settle.
F. 1997. Handbook of Instrumental Techniques
of Analytical Chemistry. New
Jersey : Prentice Hall PTR.
No comments:
Post a Comment