RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) /SATUAN ACARA
PERKULIAHAN ( SAP )
(TEORI
)
1. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah :
Isolasi dan Standardisasi Bahan Alam
Kode : 40CKB5010
Beban / Jumlah SKS :
2 ( Dua ) SKS
Penempatan :
Semester V
Prasyarat :
Farmakognosi dan Fitokimia
Nama Dosen : Wahyuning Setyani, M.Sc., Apt.
2. Tujuan Mata Kuliah :
Setelah melaksanakan kegiatan
pembelajaran mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan definisi
ekstraksi, tahapan persiapan ekstraksi, dan pemilihan cairan penyari.
3. Standar Kompetensi :
Kegiatan pembelajaran mengandung aspek
pengetahuan ( kognitif ) dan Sikap ( afektif )
4. Materi Pokok :
Definisi
ekstraksi, tahapan ekstraksi, dan pemilihan cairan penyari
5. Pertemuan :
ke-3
6. Matrik Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) / Satuan Acara Perkuliahan ( SAP )
Materi Pokok
|
Kompetensi
Dasar
(TIU)
|
Indikator
Kriteria Penilaian
(TIK)
|
Aspek
Kompetensi
(K)
|
Aspek
Kompetensi
(A)
|
Waktu (Menit )
|
Metode
|
Evaluasi
|
Sumber Rujukan
|
Definisi ekstraksi, tahapan ekstraksi, dan pemilihan
cairan penyari.
|
Menjelaskan definisi ekstraksi, tahapan-tahapan awal
sebelum proses ekstraksi, dan pemilihan cairan penyari sesuai prosedur
ekstraksi.
|
1. Menjelaskan definisi ekstraksi.
2. Menjelaskan tahapan awal proses ekstraksi.
3. Memilih cairan penyari yang tepat pada proses ekstraksi.
|
K
K
K
|
|
100 menit
|
Ceramah dan Tanya
jawab
|
1. Jelaskan tentang pengertian ekstraksi! (20)
2. Bagaimana tahapan awal sebelum proses ekstraksi?
(40)
3. Bagaimana kriteria cairan penyari yang baik? (40)
|
Turnis, B.S, et al.
1978. Textbook of Pratical Organik
Chemistry, 4th Edition, Longman.
Wilco Jr. C. F. and
Wilco, M.F, 1995. Experimental Organic
Chemistry a small scale approach, 2 th edition Prentice Hall,
New Jersey.
Ansel, R. 1991. Phytofarmaka (Grundlagen und Praxis),
2 Aufl, Springer-Verlag.
Robinson T., 1983. The Organic Constituenof Hinger Plants,
5 ed, CArdus Press Massachusetss, USA. Solomons, 2000, Organic Chemistry, 6th
edition, Wiley and son
|
7. Langkah
Pembelajaran :
Langkah
|
Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
Pendahuluan
|
·
Dosen Menjelaskan
tujuan penyampaian materi, mahasiswa mendengarkan dan menanggapi penjelasan
dosen.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Dosen menjelaskan :
Ø Definisi ekstraksi.
Ø Tahapan awal proses ekstraksi.
Ø Pemilihan cairan penyari berdasarkan kriterianya.
·
Dosen memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya bila ada hal yang belum jelas.
|
80 menit
|
Penutup
|
·
Dosen menyimpulkan dan
mengakhiri proses belajar-mengajar.
|
10 menit
|
8. Bahan Ajar : Turnis, B.S, et al.
1978. Textbook of Pratical Organik
Chemistry, 4th Edition, Longman
Wilco
Jr. C. F. and Wilco, M.F, 1995. Experimental
Organic Chemistry a small scale approach, 2 th edition Prentice
Hall, New Jersey.
Ansel, R. 1991. Phytofarmaka (Grundlagen und Praxis),
2 Aufl, Springer-Verlag.
Robinson
T., 1983. The Organic Constituenof Hinger
Plants, 5 ed, CArdus Press Massachusetss, USA
Mengetahui, Semarang,
3 September 2014
Kaprodi S1 Farmasi Dosen
Mata Kuliah
Intan Martha Cahyani, M.Sc., Apt. Wahyuning Setyani,
M.Sc., Apt.
YP. 0605038301 YP. 0605037801
No comments:
Post a Comment