pertemuan1

Monday, September 1, 2014





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) /SATUAN ACARA PERKULIAHAN ( SAP )
(TEORI )

1. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah                        : Isolasi dan Standardisasi Bahan Alam
Kode                                           :  40CKB5010
Beban / Jumlah SKS                    : 2 ( Dua ) SKS
Penempatan                                : Semester V
Prasyarat                                     :  Farmakognosi dan Fitokimia
Nama Dosen                               :  Wahyuning Setyani, M.Sc., Apt.
2. Tujuan Mata Kuliah                       : Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan definisi dan dasar-dasar metode pemisahan standar.
3. Standar Kompetensi                    : Kegiatan pembelajaran mengandung aspek pengetahuan ( kognitif ) dan Sikap ( afektif )
4. Materi Pokok                               : Definisi dan dasar-dasar metode pemisahan standar
5. Pertemuan                                   : ke-1

6. Matrik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) / Satuan Acara Perkuliahan ( SAP )

Materi Pokok
Kompetensi
Dasar
(TIU)
Indikator
Kriteria Penilaian
(TIK)
Aspek
Kompetensi
(K)
Aspek
Kompetensi
(A)
Waktu  (Menit )
Metode
Evaluasi
Sumber Rujukan
Definisi dan dasar-dasar metode pemisahan standar.
Menjelaskan definisi dan dasar-dasar metode pemisahan standar.
1.     Mendefinisikan prinsip metode pemisahan.
2.     Menjelaskan dasar-dasar metode pemisahan standar.
K


K





100 menit
Ceramah dan Tanya jawab
1.  Jelaskan definisi metode pemisahan standar! (50)
2.  Sebutkan dasar-dasar metode pemisahan standar! (50)

Turnis, B.S, et al. 1978. Textbook of Pratical Organik Chemistry, 4th Edition, Longman.

Wilco Jr. C. F. and Wilco, M.F, 1995. Experimental Organic Chemistry a small scale approach, 2 th edition Prentice Hall, New Jersey.

Ansel, R. 1991. Phytofarmaka (Grundlagen und Pra­xis), 2 Aufl, Springer-Verlag.

Robinson T., 1983. The Organic Constituenof Hinger Plants, 5 ed, CArdus Press Massachusetss, USA                         Solomons, 2000, Organic Chemistry, 6th edition, Wiley and son


7. Langkah Pembelajaran                  :

Langkah
Kegiatan
Waktu
 ( menit )
Pendahuluan
·         Dosen Menjelaskan tujuan penyampaian materi, mahasiswa mendengarkan dan menanggapi penjelasan dosen.

10 menit
Inti
·         Dosen menjelaskan :
Ø  Definisi metode pemisahan.
Ø  Dasar-dasar metode pemisahan standar.
·         Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya bila ada hal yang belum jelas.

80 menit
Penutup
·         Dosen menyimpulkan dan mengakhiri proses belajar-mengajar.

10 menit

8. Bahan Ajar               Turnis, B.S, et al. 1978. Textbook of Pratical Organik Chemistry, 4th Edition, Longman.
Wilco Jr. C. F. and Wilco, M.F, 1995. Experimental Organic Chemistry a small scale approach, 2 th edition Prentice Hall, New Jersey.
Ansel, R. 1991. Phytofarmaka (Grundlagen und Pra­xis), 2 Aufl, Springer-Verlag.
Robinson T., 1983. The Organic Constituenof Hinger Plants, 5 ed, CArdus Press Massachusetss, USA


Mengetahui,                                                                                                                                                                  Semarang, 3 September 2014
Kaprodi S1 Farmasi                                                                                                                                                             Dosen Mata Kuliah





Intan Martha Cahyani, M.Sc., Apt.                                                                                                                                Wahyuning Setyani, M.Sc., Apt.

YP. 0605038301                                                                                                                                                            YP. 0605037801                               

No comments:

Post a Comment