pertemuan9

Monday, September 1, 2014






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) /SATUAN ACARA PERKULIAHAN ( SAP )
(TEORI )

1. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah                        : Isolasi dan Standardisasi Bahan Alam
Kode                                           :           40CKB5010
Beban / Jumlah SKS                    : 2 ( Dua ) SKS
Penempatan                                : Semester V
Prasyarat                                     :           Farmakognosi dan Fitokimia
Nama Dosen                               :  Wahyuning Setyani, M.Sc., Apt.
2. Tujuan Mata Kuliah                       : Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan metode isolasi senyawa aktif secara fisika dan kimia
3. Standar Kompetensi                    : Kegiatan pembelajaran mengandung aspek pengetahuan ( kognitif ) dan Sikap ( afektif )
4. Materi Pokok                               : Metode isolasi senyawa aktif secara fisika dan kimia
5. Pertemuan                                   : ke-9

6. Matrik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) / Satuan Acara Perkuliahan ( SAP )

Materi Pokok
Kompetensi
Dasar
(TIU)
Indikator
Kriteria Penilaian
(TIK)
Aspek
Kompetensi
(K)
Aspek
Kompetensi
(A)
Waktu  (Menit )
Metode
Evaluasi
Sumber Rujukan
Metode isolasi senyawa aktif secara fisika dan kimia


Menjelaskan metode isolasi senyawa aktif secara fisika dan kimia




1.     Menjelaskan metode isolasi senyawa aktif secara fisika
2.     Menjelaskan metode isolasi senyawa aktif secara kimia

K



K






100 menit
Ceramah dan Tanya jawab
1.  Jelaskan pertimbangan memilih metode isolasi senyawa aktif bahan alam!
 (40)
2.  Jelaskan tahapan metode isolasi secara kimia! (60)

Turnis, B.S, et al. 1978. Textbook of Pratical Organik Chemistry, 4th Edition, Longman

Wilco Jr. C. F. and Wilco, M.F, 1995. Experimental Organic Chemistry a small scale approach, 2 th edition Prentice Hall, New Jersey

Ansel, R. 1991. Phytofarmaka (Grundlagen und Pra­xis), 2 Aufl, Springer-Verlag.

Robinson T., 1983. The Organic Constituenof Hinger Plants, 5 ed, CArdus Press Massachusetss, USA                         Solomons, 2000, Organic Chemistry, 6th edition, Wiley and son

7. Langkah Pembelajaran                  :

Langkah
Kegiatan
Waktu
 ( menit )
Pendahuluan
·         Dosen Menjelaskan tujuan penyampaian materi, mahasiswa mendengarkan dan menanggapi penjelasan dosen.

10 menit
Inti
·         Dosen menjelaskan :
Ø  Macam-macam metode isolasi.
Ø  Tahapan metode isolasi secara fisika dan kimia.
·         Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya bila ada hal yang belum jelas.

80 menit
Penutup
·         Dosen menyimpulkan dan mengakhiri proses belajar-mengajar.

10 menit

8. Bahan Ajar               Turnis, B.S, et al. 1978. Textbook of Pratical Organik Chemistry, 4th Edition, Longman
Wilco Jr. C. F. and Wilco, M.F, 1995. Experimental Organic Chemistry a small scale approach, 2 th edition Prentice Hall, New Jersey.
                                    Ansel, R. 1991. Phytofarmaka (Grundlagen und Pra­xis), 2 Aufl, Springer-Verlag.
Robinson T., 1983. The Organic Constituenof Hinger Plants, 5 ed, CArdus Press Massachusetss, USA

Mengetahui,                                                                                                                                                                   Semarang, 3 September 2014
Kaprodi S1 Farmasi                                                                                                                                                               Dosen Mata Kuliah





Intan Martha Cahyani, M.Sc., Apt.                                                                                                                                Wahyuning Setyani, M.Sc., Apt.
YP. 0605038301                                                                                                                                                            YP. 0605037801

                                                                                                                                                                                     

No comments:

Post a Comment