RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) /SATUAN ACARA
PERKULIAHAN ( SAP )
(TEORI
)
1. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah :
Isolasi dan Standardisasi Bahan Alam
Kode : 40CKB5010
Beban / Jumlah SKS :
2 ( Dua ) SKS
Penempatan :
Semester V
Prasyarat :
Farmakognosi dan Fitokimia
Nama Dosen : Wahyuning Setyani, M.Sc., Apt.
2. Tujuan Mata Kuliah :
Setelah melaksanakan kegiatan
pembelajaran mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan macam-macam
metode ekstraksi dan memilih metode ekstraksi sesuai sifat senyawa aktif dalam
bahan alam.
3. Standar Kompetensi :
Kegiatan pembelajaran mengandung aspek
pengetahuan ( kognitif ) dan Sikap ( afektif )
4. Materi Pokok :
Macam-macam
metode ekstraksi dan pemilihan metode ekstraksi sesuai sifat senyawa aktif
dalam bahan alam.
5. Pertemuan :
ke-4
6. Matrik Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) / Satuan Acara Perkuliahan ( SAP )
Materi Pokok
|
Kompetensi
Dasar
(TIU)
|
Indikator
Kriteria Penilaian
(TIK)
|
Aspek
Kompetensi
(K)
|
Aspek
Kompetensi
(A)
|
Waktu (Menit )
|
Metode
|
Evaluasi
|
Sumber Rujukan
|
Macam-macam metode ekstraksi dan penerapannya pada
bahan alam.
|
Menjelaskan macam-macam metode ekstraksi dan pemilihan
metode ekstraksi sesuai sifat senyawa aktif dalam bahan alam.
|
1. Menjelaskan macam-macam metode ekstraksi.
2. Memilih metode ekstraksi sesuai sifat senyawa aktif dalam bahan alam.
|
K
K
|
|
100 menit
|
Ceramah dan Tanya
jawab
|
1. Jelaskan tentang macam-macam metode ekstraksi! (20)
2. Bagaimana cara ekstraksi senyawa aktif yang tidak tahan pemanasan? (35)
3. Bagaimana cara ekstraksi senyawa aktif yang tahan pemanasan? (35)
4. Apa perbedaan serta keuntungan dan kerugian metode maserasi dan
perkolasi? (30)
|
Turnis, B.S, et al.
1978. Textbook of Pratical Organik
Chemistry, 4th Edition, Longman.
Wilco Jr. C. F. and
Wilco, M.F, 1995. Experimental Organic
Chemistry a small scale approach, 2 th edition Prentice Hall,
New Jersey.
Ansel, R. 1991. Phytofarmaka (Grundlagen und Praxis),
2 Aufl, Springer-Verlag.
Robinson T., 1983. The Organic Constituenof Hinger Plants,
5 ed, CArdus Press Massachusetss, USA. Solomons, 2000, Organic Chemistry, 6th
edition, Wiley and son
|
7. Langkah
Pembelajaran :
Langkah
|
Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
Pendahuluan
|
·
Dosen Menjelaskan
tujuan penyampaian materi, mahasiswa mendengarkan dan menanggapi penjelasan
dosen.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Dosen menjelaskan :
Ø Macam-macam metode ekstraksi.
Ø Sifat senyawa aktif pada bahan alam yang berkaitan dengan pemilihan
metode ekstraksi.
·
Dosen memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya bila ada hal yang belum jelas
|
80 menit
|
Penutup
|
·
Dosen menyimpulkan dan
mengakhiri proses belajar-mengajar
|
10 menit
|
8. Bahan Ajar : Turnis, B.S, et al.
1978. Textbook of Pratical Organik
Chemistry, 4th Edition, Longman
Wilco
Jr. C. F. and Wilco, M.F, 1995. Experimental
Organic Chemistry a small scale approach, 2 th edition Prentice
Hall, New Jersey.
Ansel,
R. 1991. Phytofarmaka (Grundlagen und
Praxis),
2 Aufl, Springer-Verlag.
Robinson
T., 1983. The Organic Constituenof Hinger
Plants, 5 ed, CArdus Press Massachusetss, USA.
Mengetahui, Semarang,
3 September 2014
Kaprodi S1 Farmasi Dosen
Mata Kuliah
Intan Martha Cahyani, M.Sc., Apt. Wahyuning Setyani,
M.Sc., Apt.
YP. 0605038301 YP.0605037801
No comments:
Post a Comment