RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) /SATUAN ACARA
PERKULIAHAN ( SAP )
(TEORI
)
1. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah :
Isolasi dan Standardisasi Bahan Alam
Kode : 40CKB5010
Beban / Jumlah SKS :
2 ( Dua ) SKS
Penempatan :
Semester V
Prasyarat :
Farmakognosi dan Fitokimia
Nama Dosen : Wahyuning Setyani, M.Sc., Apt.
2. Tujuan Mata Kuliah :
Setelah melaksanakan kegiatan
pembelajaran mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan jenis
metode pemisahan dan penerapan pada bahan alam yang digunakan.
3. Standar Kompetensi :
Kegiatan pembelajaran mengandung aspek
pengetahuan ( kognitif ) dan Sikap ( afektif )
4. Materi Pokok :
Jenis metode
pemisahan dan contoh penerapannya.
5. Pertemuan :
ke-2
6. Matrik Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) / Satuan Acara Perkuliahan ( SAP )
Materi Pokok
|
Kompetensi
Dasar
(TIU)
|
Indikator
Kriteria Penilaian
(TIK)
|
Aspek
Kompetensi
(K)
|
Aspek
Kompetensi
(A)
|
Waktu (Menit )
|
Metode
|
Evaluasi
|
Sumber Rujukan
|
Jenis metode pemisahan standar beserta contoh
penerapannya.
|
Memilih dan menerapkan metode pemisahan sesuai dengan
sifat bahan alam yang digunakan.
|
1. Menjelaskan jenis metode pemisahan standar.
2. Menerapkan metode pemisahan sesuai bahan alam yang digunakan
|
K
K
|
|
100 menit
|
Ceramah dan Tanya
jawab
|
1. Jelaskan tentang jenis-jenis metode pemisahan standar! (20)
2. Bagaimana cara melakukan rekristalisasi?
(40)
3. Jelaskan perbedaan antara ekstraksi dan kromatografi? (40)
|
Turnis, B.S, et al.
1978. Textbook of Pratical Organik
Chemistry, 4th Edition, Longman.
Wilco Jr. C. F. and Wilco,
M.F, 1995. Experimental Organic
Chemistry a small scale approach, 2 th edition Prentice Hall,
New Jersey.
Ansel, R. 1991. Phytofarmaka (Grundlagen und Praxis),
2 Aufl, Springer-Verlag.
Robinson T., 1983. The Organic Constituenof Hinger Plants,
5 ed, CArdus Press Massachusetss, USA Solomons, 2000, Organic Chemistry, 6th
edition, Wiley and son
|
7. Langkah
Pembelajaran :
Langkah
|
Kegiatan
|
Waktu
( menit )
|
Pendahuluan
|
·
Dosen Menjelaskan
tujuan penyampaian materi, mahasiswa mendengarkan dan menanggapi penjelasan
dosen.
|
10 menit
|
Inti
|
·
Dosen menjelaskan :
Ø Jenis metode pemisahan standar.
Ø Penerapan metode pemisahan pada bahan alam.
·
Dosen memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya bila ada hal yang belum jelas.
|
80 menit
|
Penutup
|
·
Dosen menyimpulkan dan
mengakhiri proses belajar-mengajar.
|
10 menit
|
8. Bahan Ajar : Turnis, B.S, et al.
1978. Textbook of Pratical Organik
Chemistry, 4th Edition, Longman.
Wilco
Jr. C. F. and Wilco, M.F, 1995. Experimental
Organic Chemistry a small scale approach, 2 th edition Prentice
Hall, New Jersey.
Ansel,
R. 1991. Phytofarmaka (Grundlagen und
Praxis),
2 Aufl, Springer-Verlag.
Robinson
T., 1983. The Organic Constituenof Hinger
Plants, 5 ed, CArdus Press Massachusetss, USA.
Mengetahui, Semarang,
3 September 2014
Kaprodi
S1 Farmasi Dosen
Mata Kuliah
Intan Martha Cahyani, M.Sc., Apt. Wahyuning Setyani,
M.Sc., Apt.
YP. 0605038301 YP.
0605037801
No comments:
Post a Comment