pertemuan2

Monday, September 1, 2014






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) /SATUAN ACARA PERKULIAHAN ( SAP )
(TEORI )

1. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah                        : Isolasi dan Standardisasi Bahan Alam
Kode                                           :           40CKB5010
Beban / Jumlah SKS                    : 2 ( Dua ) SKS
Penempatan                                : Semester V
Prasyarat                                     :           Farmakognosi dan Fitokimia
Nama Dosen                               :  Wahyuning Setyani, M.Sc., Apt.
2. Tujuan Mata Kuliah                       : Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan jenis metode pemisahan dan penerapan pada bahan alam yang digunakan.
3. Standar Kompetensi                    : Kegiatan pembelajaran mengandung aspek pengetahuan ( kognitif ) dan Sikap ( afektif )
4. Materi Pokok                               : Jenis metode pemisahan dan contoh penerapannya.
5. Pertemuan                                   : ke-2

6. Matrik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) / Satuan Acara Perkuliahan ( SAP )

Materi Pokok
Kompetensi
Dasar
(TIU)
Indikator
Kriteria Penilaian
(TIK)
Aspek
Kompetensi
(K)
Aspek
Kompetensi
(A)
Waktu  (Menit )
Metode
Evaluasi
Sumber Rujukan
Jenis metode pemisahan standar beserta contoh penerapannya.

Memilih dan menerapkan metode pemisahan sesuai dengan sifat bahan alam yang digunakan.

1.     Menjelaskan jenis metode pemisahan standar.
2.     Menerapkan metode pemisahan sesuai bahan alam yang digunakan

K



K





100 menit
Ceramah dan Tanya jawab
1.  Jelaskan tentang jenis-jenis metode pemisahan standar! (20)
2.  Bagaimana cara melakukan rekristalisasi?
(40)
3.  Jelaskan perbedaan antara ekstraksi dan kromatografi? (40)

Turnis, B.S, et al. 1978. Textbook of Pratical Organik Chemistry, 4th Edition, Longman.

Wilco Jr. C. F. and Wilco, M.F, 1995. Experimental Organic Chemistry a small scale approach, 2 th edition Prentice Hall, New Jersey.

Ansel, R. 1991. Phytofarmaka (Grundlagen und Pra­xis), 2 Aufl, Springer-Verlag.

Robinson T., 1983. The Organic Constituenof Hinger Plants, 5 ed, CArdus Press Massachusetss, USA                         Solomons, 2000, Organic Chemistry, 6th edition, Wiley and son


7. Langkah Pembelajaran                  :

Langkah
Kegiatan
Waktu
 ( menit )
Pendahuluan
·         Dosen Menjelaskan tujuan penyampaian materi, mahasiswa mendengarkan dan menanggapi penjelasan dosen.

10 menit
Inti
·         Dosen menjelaskan :
Ø  Jenis metode pemisahan standar.
Ø  Penerapan metode pemisahan pada bahan alam.
·         Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya bila ada hal yang belum jelas.

80 menit
Penutup
·         Dosen menyimpulkan dan mengakhiri proses belajar-mengajar.

10 menit

8. Bahan Ajar               Turnis, B.S, et al. 1978. Textbook of Pratical Organik Chemistry, 4th Edition, Longman.
Wilco Jr. C. F. and Wilco, M.F, 1995. Experimental Organic Chemistry a small scale approach, 2 th edition Prentice Hall, New Jersey.
Ansel, R. 1991. Phytofarmaka (Grundlagen und Pra­xis), 2 Aufl, Springer-Verlag.
Robinson T., 1983. The Organic Constituenof Hinger Plants, 5 ed, CArdus Press Massachusetss, USA.


Mengetahui,                                                                                                                                                                   Semarang, 3 September 2014
Kaprodi S1 Farmasi                                                                                                                                                                Dosen Mata Kuliah





Intan Martha Cahyani, M.Sc., Apt.                                                                                                                                Wahyuning Setyani, M.Sc., Apt.

YP. 0605038301                                                                                                                                                            YP. 0605037801                                                       

No comments:

Post a Comment