pertemuan8

Monday, September 1, 2014






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) /SATUAN ACARA PERKULIAHAN ( SAP )
(TEORI )

1. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah                        : Isolasi dan Standardisasi Bahan Alam
Kode                                           :           40CKB5010
Beban / Jumlah SKS                    : 2 ( Dua ) SKS
Penempatan                                : Semester V
Prasyarat                                     :           Farmakognosi dan Fitokimia
Nama Dosen                               :  Wahyuning Setyani, M.Sc., Apt.
2. Tujuan Mata Kuliah                       : Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan kromatografi cair kinerja tinggi (KCKT) beserta bagian-bagiannya, cara kerja, dan penerapannya pada analisis bahan alam.
3. Standar Kompetensi                    : Kegiatan pembelajaran mengandung aspek pengetahuan ( kognitif ) dan Sikap ( afektif )
4. Materi Pokok                               : Kromatografi cair kinerja tinggi (KCKT)
5. Pertemuan                                   : ke-8

6. Matrik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) / Satuan Acara Perkuliahan ( SAP )

Materi Pokok
Kompetensi
Dasar
(TIU)
Indikator
Kriteria Penilaian
(TIK)
Aspek
Kompetensi
(K)
Aspek
Kompetensi
(A)
Waktu  (Menit )
Metode
Evaluasi
Sumber Rujukan
Kromatografi cair kinerja tinggi (KCKT)


Menjelaskan kromatografi cair kinerja tinggi (KCKT) beserta bagian-bagiannya, cara kerja, dan penerapannya pada analisis bahan alam.



1.     Menjelaskan bagian alat KCKT.
2.     Menjelaskan cara analisis dengan KCKT.
3.     Menerangkan prinsip kerja KCKT.
K


K


K




100 menit
Ceramah dan Tanya jawab
1.  Jelaskan bagian-bagian KCKT!
(20)
2.  Jelaskan tentang analisis kualitatif dan kuantitatif metode KCKT? (40)
3.  Bagaimana kesesuaian sistem pada KCKT? (40)

Turnis, B.S, et al. 1978. Textbook of Pratical Organik Chemistry, 4th Edition, Longman

Wilco Jr. C. F. and Wilco, M.F, 1995. Experimental Organic Chemistry a small scale approach, 2 th edition Prentice Hall, New Jersey

Ansel, R. 1991. Phytofarmaka (Grundlagen und Pra­xis), 2 Aufl, Springer-Verlag.

Robinson T., 1983. The Organic Constituenof Hinger Plants, 5 ed, CArdus Press Massachusetss, USA.                        Solomons, 2000, Organic Chemistry, 6th edition, Wiley and son

7. Langkah Pembelajaran                  :

Langkah
Kegiatan
Waktu
 ( menit )
Pendahuluan
·         Dosen Menjelaskan tujuan penyampaian materi, mahasiswa mendengarkan dan menanggapi penjelasan dosen.

10 menit
Inti
·         Dosen menjelaskan :
Ø  Bagian-bagian kromatografi cair kinerja tinggi (KCKT).
Ø  Sistem elusi KCKT.
Ø  Analisis kualitatif dan kuantitatif KCKT.
·         Dosen memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya bila ada hal yang belum jelas

80 menit
Penutup
·         Dosen menyimpulkan dan mengakhiri proses belajar-mengajar

10 menit

8. Bahan Ajar               Turnis, B.S, et al. 1978. Textbook of Pratical Organik Chemistry, 4th Edition, Longman
Wilco Jr. C. F. and Wilco, M.F, 1995. Experimental Organic Chemistry a small scale approach, 2 th edition Prentice Hall, New Jersey.
                                    Ansel, R. 1991. Phytofarmaka (Grundlagen und Pra­xis), 2 Aufl, Springer-Verlag.
Robinson T., 1983. The Organic Constituenof Hinger Plants, 5 ed, CArdus Press Massachusetss, USA.

Mengetahui,                                                                                                                                                                 Semarang, 3 September 2014
Kaprodi S1 Farmasi                                                                                                                                                              Dosen Mata Kuliah





Intan Martha Cahyani, M.Sc., Apt.                                                                                                                                Wahyuning Setyani, M.Sc., Apt.
YP. 0605038301                                                                                                                                                            YP. 0605037801

                                                                                                                                                                                     

No comments:

Post a Comment